ANALISIS RANTAI NILAI GLOBAL (GLOBAL VALUE CHAIN) ADIDAS DALAM KONTRIBUSI ISU LINGKUNGAN

AGIL , MULYANI (2023) ANALISIS RANTAI NILAI GLOBAL (GLOBAL VALUE CHAIN) ADIDAS DALAM KONTRIBUSI ISU LINGKUNGAN. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2173Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1159Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Adidas merupakan salah satu perusahaan manufaktur olahraga yang menginovasi produk sepatunya dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Karena saat ini banyak perusahaan-perusahaan besar menghasilkan limbah yang menyebabkan jumlah sampah plastik laut meningkat, akan tetapi Adidas justru memanfaatkan hal tersebut untuk menciptakan bisnis berkelanjutan. Dalam hal ini, perusahaan Adidas masih menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat kimia berbahaya, hal tersebut dilaporkan oleh Greenpeace bahwa Adidas belum sepenuhnya menggunakan bahan yang ramah lingkungan untuk produknya, walaupun Adidas sudah melakukan upaya untuk melakukan inovasi produknya. Dalam hal ini hadirnya global value chain sangat penting untuk melihat bagaimana perusahaan Adidas menjalankannya, apakah memang sepenuhnya berhasil atau tidak. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan produksi sepatu ramah lingkungan Adidas, serta menganalisis global value chain Adidas dalam kontribusi isu lingkungan. Penelitian ini menggunakan teori ekonomi politik lingkungan global, teori global value chain, dan konsep sustainable business model. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan mengumpulkan data sekunder yang didapat dari studi pustaka dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan Adidas melakukan inovasi dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan menjadikan sebuah produk salah satunya adalah sepatu. Dengan mengintepretasikan enam dimensi dari global value chain. Kata Kunci : Global Value Chain, Perusahaan Adidas, Sepatu Ramah lingkungan, Bisnis Berkelanjutan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2308862046 . Digilib
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:11
Terakhir diubah: 14 Dec 2023 03:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77355

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir