STUDI SIFAT TARIK KOMPOSIT SERAT BRAIDS TKKS/PLA YANG MENGALAMI DEGRADASI DALAM LARUTAN SIMULATED BODY FLUID SOLUTION (SBF)

FERDO , OKTA ARANDA (2023) STUDI SIFAT TARIK KOMPOSIT SERAT BRAIDS TKKS/PLA YANG MENGALAMI DEGRADASI DALAM LARUTAN SIMULATED BODY FLUID SOLUTION (SBF). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3105Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak : Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) adalah limbah dari perkebunan kelapa sawit. Tandan kosong kelapa sawit biasanya dijadikan sebagai pupuk dan media tumbuh jamur. Tandan buah segar mengandung 25-34% tandan kosong. Serat TKKS dapat dimanfaatkan sebagai serat alami untuk penguat komposit dan aplikasi biomedis (Biomaterial). PolyLactic acid (PLA) telah banyak digunakan sebagai material biomedis karena sifat biodegradable dan biocompatiblenya sebagai scaffold. Scaffold berfungsi untuk merangsang tumbuh regenerasi sel dan jaringan baru, yang dapat ter-degradasi secara klinis dan biomekanik. Kerusakan pada tendon/ligamen sering terjadi akibat beban yang berlebihan sehingga diperlukan scaffold biodegradable dari PLA untuk memperbaikinya. Namun PLA memiliki sifat mekanik yang lebih rendah dari tendon/ligamen sehingga diperlukan reinforcement berupa serat alam yang tidak beracun untuk makhluk hidup. Sebelum digunakan serat TKKS diberi perlakuan menggunakan larutan alkali NaOH 5%/3 jam. Selanjutnya komposit PLA/TKKS dibuat dengan metode hand lay-up dengan serat braids dengan fraksi volume serat 16% dan untuk volume fraksi PLA sebanyak 84%. Serat TKKS dilakukan pengamatan kadar air dan sifat kimia, kemudian komposit PLA/TKKS direndam dengan larutan simulated body fluid (SBF) selama 10, 20 dan 30 hari kemudian diuji tarik, dan dilakukan pengamatan scanning electron microscope (SEM). Hasil dari pengujian mekanik terlihat bahwa komposisi PLA/TKKS mengalami degradasi ditandai dengan menurunya kekuatan tarik pada rendaman 30 hari dalam larutan SBF. Kata kunci : Serat braids tandan kosong kelapa sawit, polylactid acid, simulated body fluid, Sifat tarik, Tendon dan scaffold.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: 2308564080 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:25
Terakhir diubah: 15 Dec 2023 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77465

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir