PENGEMBANGAN HARD SCAFFOLDING (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK

DESI , PURWANTI (2023) PENGEMBANGAN HARD SCAFFOLDING (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3562Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1348Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan hard scaffolding (LKPD) yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan model ADDIE yang terdiri atas lima langkah, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP IT Daarul ‘Ilmi kelas VII yang terdiri atas 15 peserta didik dalam uji skala kecil dan 48 peserta didik dalam uji skala besar. Desain uji coba yang peneliti gunakan yakni non-equivalent control group design. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa 1) hard scaffolding dinyatakan sangat valid ditinjau dari aspek isi/materi dan desain/konstruksi (94,29%); 2) hard scaffolding praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan kolaborasi peserta didik ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran bahwa hampir seluruh aktivitas terlaksana (96,7%), respon sebagian besar peserta didik (91,02%) dan pendidik (91,33%) menyatakan hard scaffolding sangat menarik; 3) hard scaffolding efektif meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan kategori effect size besar (0,86) dan efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dengan kriteria “ahli”. Kesimpulannya adalah telah dihasilkan hard scaffolding (LKPD) pada materi perubahan iklim yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Kata kunci: Hard Scaffolding, LKPD, Keterampilan Berpikir tingkat tinggi, Keterampilan Kolaborasi This study aims to produce valid, practical and effective hard scaffolding (student worksheet) in improving students' higher-order thinking skills and collaboration skills. Design research and development is carried out using the ADDIE model which consists of five steps, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subjects were class VII students of SMP IT Daarul 'Ilmi consisting of 15 students in the small-scale test and 48 students in the large-scale test. The trial design that the researchers used was the nonequivalent control group design. The results of the development research show that 1) hard scaffolding is stated to be very valid in terms of content/material and design/construction aspects (94.29%); 2) hard scaffolding is practically used to improve students' higher-order thinking skills and collaboration skills in terms of the implementation of learning that almost all activities are carried out (96.7%), the response of most students (91.02%) and teachers ( 91.33%) stated that hard scaffolding was very interesting; 3) hard scaffolding effectively improves students' high-order thinking skills with a large effect size category (0.86) and effectively improves students' collaboration skills with the "proficient" criteria. The conclusion is that hard scaffolding (student worksheet) has been produced on climate change material which can improve students' higher-order thinking skills and collaboration skills. Keywords: Hard Scaffolding, Student Worksheet, Higher Order Thinking Skills, Collaboration Skills

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 2308968471 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:04
Terakhir diubah: 19 Dec 2023 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77649

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir