, SITI KARLENA (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PAIKEM BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 SUKARAJA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf - Published Version Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi.pdf - Published Version Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (366Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (116Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (447Kb) |
||
|
File PDF
BAB v.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (1850Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika dan prestasi belajar siswa setelah dibelajarkan melalui metode pembelajaran aktif,inovatif,kreatif, efektif dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus tindakan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam 3 siklus dan terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas IV dengan jumlah laki-laki 14 siswa dan 16 perempuan siswa. Dari penelitian di dapatkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari aktivitas kriteria aktif pada siklus I sebesar 62,85%%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 70,48% dan meningkat sebesar pada siklus III menjadi 76,19%. Untuk prestasi belajar siswa pada siklus I mengalami kenaikan dari rata-rata 33,33% menjadi 66,67% pada siklus II ( kenaikan sebesar 33,34%), selanjutnya pada siklus III menjadi 86,67% (kenaikan sebesar 20%). Total peningkatan prestasi belajar dari siklus I sampai siklus III sebesar 53,34% Data penelitian tentang aktivitas siswa di ambil dengan cara observasi proses pembelajaran, dan prestasi belajar matematika siswa di peroleh dengan cara tes akhir pembelajaran. Pengolahan data aktivitas di lakukan dengan mencatat (merekam) data tentang prilaku siswa selama mengikuti pembelajaran berlangsung, dan data prestasi belajar siswa dengan cara meruduksi hasil tes tertulis siswa pada akhir pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan pengujian hipotesis teruji positif karena ≥ 80% siswa mencapai KKM, tuntas dan berhasil. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Prestasi belajar, Metode PAIKEM
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 04:43 |
Terakhir diubah: | 28 Jan 2014 04:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/777 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |