PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PAIKEM BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 SUKARAJA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

, SITI KARLENA (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PAIKEM BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 SUKARAJA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf - Published Version

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf - Published Version

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (366Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (116Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (447Kb)
[img]
Preview
Text
BAB v.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1850Kb)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika dan prestasi belajar siswa setelah dibelajarkan melalui metode pembelajaran aktif,inovatif,kreatif, efektif dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus tindakan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam 3 siklus dan terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas IV dengan jumlah laki-laki 14 siswa dan 16 perempuan siswa. Dari penelitian di dapatkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari aktivitas kriteria aktif pada siklus I sebesar 62,85%%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 70,48% dan meningkat sebesar pada siklus III menjadi 76,19%. Untuk prestasi belajar siswa pada siklus I mengalami kenaikan dari rata-rata 33,33% menjadi 66,67% pada siklus II ( kenaikan sebesar 33,34%), selanjutnya pada siklus III menjadi 86,67% (kenaikan sebesar 20%). Total peningkatan prestasi belajar dari siklus I sampai siklus III sebesar 53,34% Data penelitian tentang aktivitas siswa di ambil dengan cara observasi proses pembelajaran, dan prestasi belajar matematika siswa di peroleh dengan cara tes akhir pembelajaran. Pengolahan data aktivitas di lakukan dengan mencatat (merekam) data tentang prilaku siswa selama mengikuti pembelajaran berlangsung, dan data prestasi belajar siswa dengan cara meruduksi hasil tes tertulis siswa pada akhir pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan pengujian hipotesis teruji positif karena ≥ 80% siswa mencapai KKM, tuntas dan berhasil. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Prestasi belajar, Metode PAIKEM

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 28 Jan 2014 04:43
Last Modified: 28 Jan 2014 04:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item