PENGARUH MODEL PjBL DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X

FATHONAH , NADIA (2023) PENGARUH MODEL PjBL DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1837Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1590Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini fokus pada penerapan Project-Based Learning (PjBL) dengan pendekatan lingkungan pada pembelajaran fisika. Keaktifan peserta didik diperlukan dalam proses pembelajaran untuk menghasilkan hasil belajar yang baik, salah satu strategi yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi pengaruh PjBL dengan pendekatan lingkungan terhadap kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol yang setiap kelas terdiri dari 30 orang peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes angket kemampuan kolaborasi yang berjumlah 15 butir dan soal essay yang berjumlah tujuh soal. Hasil penelitian ini diuji melalui uji N-Gain, dimana didapatkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,49 dan lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,28.Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian ini juga menggunakan uji Independent Sample T-Test sebagai uji hipotesis, dimana berdasarkan pengujian tersebut diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya bahwa implementasi PjBL dengan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar kognitif, karena model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini efektif untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Kata kunci: Project-Based Learning, Pendekatan Lingkungan, Kolaborasi, Hasil Belajar Kognitif, Pencemaran Lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308876785 . Digilib
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:14
Terakhir diubah: 21 Dec 2023 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77838

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir