HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA BATANGHARI NUBAN

Mualimatus, Sa’diah (2023) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA BATANGHARI NUBAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (10Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (10Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan visual spasial peserta didik, kurangnya penggunaan media audio visual dan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media audio visual dengan kecerdasan visual spasial, motivasi belajar dengan kecerdasan visual spasial dan penggunaan media audio visual dan motivasi belajar dengan kecerdasan visual spasial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 132 orang peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling yaitu dengan perolehan sampel 58 orang peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan angket (kuesioner) dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media audio visual dan motivasi belajar dengan kecerdasan visual spasial peserta didik kelas VI SD Negeri se-gugus Ki Hajar Dewantara Batanghari Nuban ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,476 berada pada taraf “Cukup Kuat”. Kata kunci : kecerdasan visual spasial, media audio visual, motivasi belajar, peserta didik The problems in this research are the low visual-spatial intelligence of students, the use of audio-visual media, and students' learning motivation. This study aims to describe and analyze the positive and significant relationship between the use of audio-visual media with visual-spatial intelligence, learning motivation with visual-spatial intelligence, and the use of audio-visual media and learning motivation with visual-spatial intelligence. This research uses quantitative research with an ex-post facto correlation research method. The population is 132 students. The determination of the sample uses a proportional random sampling technique with the acquisition of a piece of 58 students. The data collection tools use a questionnaire and study documentation. Data analysis uses product-moment correlation and multiple correlations. The results of data analysis showed that there was a positive and significant relationship between the use of audio-visual media and learning motivation with visual-spatial intelligence of the sixth-grade elementary school students in Ki Hajar Dewantara Batanghari Nuban cluster, indicated by a correlation coefficient of 0.476 which was at the "Strong Enough" level. Key Word : audio-visual media, learning motivation, students of sixth-grade, visual-spatial intelligence

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308085036 . Digilib
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:43
Terakhir diubah: 17 Jan 2024 02:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78088

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir