EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

SITI , TRESNA AYU SAFITRI (2023) EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1652Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1056Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas blended learning dengan model pembelajaran inquiry lesson pada materi sistem koloid untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Padang Cermin tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitiannya adalah siswa XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen, yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pada kelas kontrol diterapkan blended learning dengan model konvensional dan pada kelas eksperimen diterapkan blended learning dengan inquiry lesson. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain The Static Comparison Group. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi aktivitas siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan perhitungan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya blended learning dengan inquiry lesson pada materi sistem koloid efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Kata kunci: Inquiry Lesson, sistem koloid, keterampilan berpikir kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308708938 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:42
Terakhir diubah: 24 Jan 2024 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78271

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir