PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II SD NEGERI 2 CANDIMAS KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, SRI SAFITRI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II SD NEGERI 2 CANDIMAS KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar Isi.pdf - Published Version

Download (264Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (180Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (212Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (136Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran fitri.pdf - Published Version

Download (535Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1023Kb)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya strategi belajar yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif belajar, dengan cara merubah metode pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher oriented) menjadi berpusat pada siswa (student oriented). Pembelajaran menggunakan metode tematik untuk meningkatkan minat belajar siswa dikelas rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) penelitian tindakan kelas yang diterapkan adalah melalui 2 siklus tindakan. Tehnik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode tematik sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berimbas kepada prestasi belajar meningkat. Hal ini dapat dilihat sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas rata-rata persentase aktivitas siswa hanya 47 %, setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus ke satu dan pada siklus yang kedua dengan materi yang berbeda terdapat peningkatan yang seknifikan rata-rata persentase 90 % walaupun disana sini masih banyak kekurangan. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa., dikarenakan telah melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan dengan menggunakan metode tematik dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu kesatuan yang menarik. Rekomendasi penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan metode tematik merupakan salah satu alternatif yang layak dikembangkan untuk mengatasi masalah rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa di SD. (2) Penggunaan metode tematik dalam proses pembelajaran dikelas rendah, dapat melibatkan siswa secara aktif dan kreatif serta menumbuhkan motivasi belajar. Kata Kunci : Prestasi, Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Tematik.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 28 Jan 2014 07:15
Last Modified: 28 Jan 2014 07:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item