, SRI SAFITRI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II SD NEGERI 2 CANDIMAS KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar Isi.pdf - Published Version Download (264Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (212Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (136Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (316Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran fitri.pdf - Published Version Download (535Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (1023Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya strategi belajar yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif belajar, dengan cara merubah metode pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher oriented) menjadi berpusat pada siswa (student oriented). Pembelajaran menggunakan metode tematik untuk meningkatkan minat belajar siswa dikelas rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) penelitian tindakan kelas yang diterapkan adalah melalui 2 siklus tindakan. Tehnik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode tematik sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berimbas kepada prestasi belajar meningkat. Hal ini dapat dilihat sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas rata-rata persentase aktivitas siswa hanya 47 %, setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus ke satu dan pada siklus yang kedua dengan materi yang berbeda terdapat peningkatan yang seknifikan rata-rata persentase 90 % walaupun disana sini masih banyak kekurangan. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa., dikarenakan telah melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan dengan menggunakan metode tematik dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu kesatuan yang menarik. Rekomendasi penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan metode tematik merupakan salah satu alternatif yang layak dikembangkan untuk mengatasi masalah rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa di SD. (2) Penggunaan metode tematik dalam proses pembelajaran dikelas rendah, dapat melibatkan siswa secara aktif dan kreatif serta menumbuhkan motivasi belajar. Kata Kunci : Prestasi, Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Tematik.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 07:15 |
Terakhir diubah: | 28 Jan 2014 07:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/783 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |