KEKERASAN DALAM BERPACARAN (Studi Kasus Korban Kekerasan Akibat Faktor Internal dalam Pacaran Dikalangan Mahasiswi Kota Bandar Lampung)

ALFINI, SYAHARANI HERMAWAN (2023) KEKERASAN DALAM BERPACARAN (Studi Kasus Korban Kekerasan Akibat Faktor Internal dalam Pacaran Dikalangan Mahasiswi Kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3414Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3234Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kekerasan dalam pacaran yang dialami korban, faktor-faktor internal yang menyebabkan perilaku kekerasan dalam pacaran spesifiknya, dan dampak kekerasan dalam pacaran saat menjalin kembali hubungan romantis dengan lawan jenis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi dan wawancara mendalam. Data penelitian diperoleh dari enam orang informan, yaitu tiga informan utama dan tiga orang informan pendukung. Peneliti menggunakan teori Tindakan Sosial Max Weber sebagai landasan teori pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, bentuk kekerasan yang dialami korban mahasiswi yaitu, kekerasan fisik, kekerasan psikologis, dan kekerasan ekonomi. Kedua, faktor internal penyebab perilaku kekerasan dalam berpacaran, yaitu ketidakmampuan menahan emosi dan adanya perasaan cemburu. Ketiga, dampak kekerasan dalam berpacaran yang membuat korban enggan untuk menjalin kembali hubungan romantis lagi dengan lawan jenis, yaitu merasa masih belum siap untuk menjalin kembali hubungan romantis dengan lawan jenis karena takut akan mendapat tindak kekerasan seperti yang pernah dialami sebelumnya, serta merasa sulit untuk menerima orang baru karena merasa dirinya tidak layak dicintai. Kata Kunci: Kekerasan dalam berpacaran, Korban, Mahasiswi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308400146 . Digilib
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:07
Terakhir diubah: 29 Jan 2024 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78335

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir