FIRAS ZULFA, FARHANA (2024) PENGARUH MODEL OBAK ( OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS DAN KOMUNIKASI ) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1943Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1680Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model OBAK terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta didik yang terdiri dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran OBAK, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Data keterampilan berpikir kreatif yang diperoleh dari nilai pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan data tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model OBAK dikumpulkan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model OBAK terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,32 dengan kriteria “sedang” sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,23 dengan kriteria “rendah”. Berdasarkan perolehan hasil angket tanggapan peserta didik didapatkan nilai sebesar 74% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model OBAK berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dan model tersebut dapat diterima dengan baik oleh peserta didik pada saat proses pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308188679 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 07:17 |
Terakhir diubah: | 01 Feb 2024 07:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78458 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |