PENGARUH MODEL OBAK ( OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS DAN KOMUNIKASI ) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

FIRAS ZULFA, FARHANA (2024) PENGARUH MODEL OBAK ( OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS DAN KOMUNIKASI ) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1943Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1680Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model OBAK terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta didik yang terdiri dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran OBAK, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Data keterampilan berpikir kreatif yang diperoleh dari nilai pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan data tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model OBAK dikumpulkan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model OBAK terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,32 dengan kriteria “sedang” sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,23 dengan kriteria “rendah”. Berdasarkan perolehan hasil angket tanggapan peserta didik didapatkan nilai sebesar 74% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model OBAK berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dan model tersebut dapat diterima dengan baik oleh peserta didik pada saat proses pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308188679 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:17
Terakhir diubah: 01 Feb 2024 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78458

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir