KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) KELAS X IPS SMA NEGERI 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ARTIYA , SELFI (2023) KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) KELAS X IPS SMA NEGERI 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1506Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1353Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dalam proses pembelajaran materi SIG guru tidak hanya dituntut untuk dapat menguasai materi saja dalam kegiatan belajar mengajar, tetapi guru akan memendapat tuntutan yang harus dipenuhi yaitu penguasaan materi SIG secara teoritis maupun praktis. Untuk penyampaian materi SIG sangat diperlukan keterampilan guru dalam pengoprasian SIG dan juga memerlukan media pebelajaran SIG yaitu seperangkat komputer serta software SIG untuk memperagakan tahapan kerja SIG. dalam hal ini, sekolah sudah memiliki laboratorium komputer yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran SIG, namun hal tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh guru geografi dalam kegiatan pembelajaran SIG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskribsikan kendala guru geografi dalam pembelajaran Sistem Informasi Geografis (SIG) di SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriftif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data atau informan dari penelitian ini yaitu guru geografi kelas X di SMA Negeri 1 Natar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi guru geografi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu guru kurang menguasai cara mempraktikkan software SIG pada perangkat komputer sehingga pembelajaran SIG hanya dijelaskan secara teoritis karena media pembelajaran SIG oleh guru geografi masih minim digunakan terutama penggunaan software SIG pada perangkat komputer, dikarenakan saat guru mengenyam pendidikan S1 yang mana pada saat itu belum ada praktik menggunakan software SIG sehingga guru merasa kurang berkompetensi pada praktik SIG dengan komputer. Kata kunci: Kendala Pembelajaran, SIG, Guru Geografi, SMA, Software, Pembelajaran Geografi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2308171700 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:34
Terakhir diubah: 02 Feb 2024 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78488

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir