PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DENGAN BANTUAN APLIKASI VLOGNOW (VN) PADA MATERI MICROSOFT EXCEL KELAS VII MTs MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO

OKI , DIKA ALFARO (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DENGAN BANTUAN APLIKASI VLOGNOW (VN) PADA MATERI MICROSOFT EXCEL KELAS VII MTs MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4015Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Era digitalisasi pendidikan yang terus berkembang, kebutuhan media pembelajaran terbaru semakin meningkat. Ketersediaan media pembelajaran berbasis video materi Microsoft Excel masih terbatas dan perlu dikembangkan dengan sumber materi yang relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis video dengan bantuan aplikasi VN pada materi microsoft excel VII MTs Mamba’ul Ulum Margoyoso yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE yang terdiri 5 tahapan yaitu penilaian dan analisis kebutuhan (assessment and analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Tempat penelitian dilaksanakan di kelas VII MTs Mamba’ul Ulum Margoyoso. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket ahli media, angket ahli materi, angket respon guru, dan angket respon siswa. Analisis ahli media dan ahli materi menggunakan analisis skor, sedangkan respon guru dan siswa menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbasis video dengan bantuan aplikasi VN pada materi microsoft excel dinyatakan layak dengan kriteria valid dan praktis. Media pembelajaran dinyatakan valid dengan skor ahli media 0,79 dan ahli materi sebesar 0,77. Hasil uji kepraktisan siswa dinyatakan praktis dengan persentase 75,11% dan uji kepraktisan guru dinyatakan sangat praktis dengan persentase 85%. Sehingga media pembelajaran berbasis video dengan bantuan aplikasi VN materi microsoft excel sudah valid dan praktis serta dapat digunakan untuk aktivitas pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran, microsoft excel, video, vlognow(vn)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Sistem Informasi
Pengguna Deposit: 2308017058 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:08
Terakhir diubah: 02 Feb 2024 08:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78519

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir