PERILAKU MENGHISAP ROKOK PADA ANAK SEKOLAH DASAR (Studi di Kelurahan Sawah Brebes Kota Bandar Lampung)

ASYVA, NURFA SALSABILA (2023) PERILAKU MENGHISAP ROKOK PADA ANAK SEKOLAH DASAR (Studi di Kelurahan Sawah Brebes Kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (374Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (964Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (850Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna perilaku rokok pada aktivitas anak sekolah dasar dalam berinteraksi dengan lingkungannya dan faktor-faktor yang menyebabkan perilaku merokok pada anak sekolah dasar baik dalam faktor internal maupun eksternal. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi. wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini melibatkan enam orang informan utama yang merupakan anak sekolah dasar yang merokok dari sekolah dasar yang berbeda dan satu orang informan pendukung yang merupakan karyawan sekolah pada salah satu sekolah dasar di Kelurahan Sawah Brebes. Peneliti menggunakan teori interakionisme simbolik George Herbert Mead sebagai landasan teori pada penelitian ini. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang anak sekolah dasar berperilaku merokok karena adanya reaksi emosi positif dan negatif yang timbul dari dalam diri didukung oleh banyaknya perokok aktif yang berada di lingkungan sekitar anak sekolah dasar. Selain itu, makna rokok bagi anak sekolah dasar mengarah kepada gaya hidup, media relaksasi, dan bentuk maskulinitas diri laki laki. Kata Kunci : Rokok, Perilaku, Anak Sekolah Dasar This research aims to determine the meaning of smoking behavior in elementary school children's activities in interacting with their environment and the factors that cause smoking behavior in elementary school children, both internal and external factors. The research method used is a qualitative research method with a case study approach through observation. in-depth interviews and documentation. Research subjects were determined using purposive sampling technique. The subjects in this research involved six main informants who were elementary school children who smoked from different elementary schools and one supporting informant who was a school employee at one of the elementary schools in Sawah Brebes Village. The author uses George Herbert Mead’s symbolic interaction theory as the theoritical basis for this writing. The research results show that the background of elementary school children's smoking behavior is due to the positive and negative emotional reactions that arise from within themselves, supported by the large number of active smokers in the environment around elementary school children. Apart from that, the meaning of cigarettes for elementary school children refers to lifestyle, a medium for relaxation, and a form of masculinity in men. Keywords :Cigarette, Behavior, Primary school children.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308982909 . Digilib
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:20
Terakhir diubah: 05 Feb 2024 02:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78556

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir