EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

NICKEN , SUGESTI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2786Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1189Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI MIPA 1 sampai XI MIPA 4. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain KPS di kelas eksperimen sebesar 0,72 sedangkan rata-rata n-Gain KPS siswa di kelas kontrol sebesar 0,48. hasil pengujian hipotesis (Independet Sample T Test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang secara signifikan rata-rata n-Gain KPS antara kelas eksperimen menggunakan model inquiry lesson dengan rata-rata n-Gain kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model inquiry lesson efektif dalam meningkatkan KPS pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: Inquiry lesson, keterampilan proses sains, kesetimbangan kimia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308864080 . Digilib
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:35
Terakhir diubah: 05 Feb 2024 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78570

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir