Natasya , Fauziah Anggraini (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROYEK PADA MASALAH LIMBAH MINYAK JELANTAH BERORIENTASI KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1931Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1265Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis proyek pada masalah limbah minyak jelantah berorientasi keterampilan pemecahan masalah serta mendeskripsikan karakteristik, validitas, tanggapan guru, dan tanggapan peserta didik mengenai e -LKPD yang dikembangkan. Desain penelitian ini adalah desain pengembangan menurut Thiagarajan et.al. Prosedur pengembangan meliputi Define (Pendefinisian), Design (Perancangan),dan Develop (Pengembangan). Instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi kesesuian isi, validasi konstruksi, dan validasi kemenarikan dan kemudahan penggunaan berupa lembar checklist dan saran. E -LKPD divalidasi kualitasnya oleh tiga dosen ahli. Uji coba terbatas pada penelitian ini adalah 3 orang guru kimia dan 20 peserta didik dari SMA Negeri 14 Bandarlampung. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa hasil validasi ahli terhadap aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi, serta aspek kemenarikan dan kemudahan penggunaan berturut-turut sebesar 89,26%; 89,10%; dan 84,67% berkriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan guru terhadap e -LKPD yang dikembangkan pada aspek kesesuaian isi serta aspek kemenarikan dan kemudahan penggunaan sebesar 92% dan 92,67% berkriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan peserta didik terhadap aspek kemearikan dan kemudahan penggunaan sebesar 90,40% dengan kriteria sangat tinggi. Dengan ini, e-LKPD berbasis proyek pada masalah limbah minyak jelantah yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan layak sebagai media belajar, karena memenuhi kriteria sangat tinggi pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi, serta aspek kemenarikan dan kemudahan penggunaan. Kata kunci : e -LKPD, pembelajaran berbasis proyek, limbah minyak jelantah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308724005 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 02:23 |
Terakhir diubah: | 07 Feb 2024 02:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78629 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |