HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HARGA DIRI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Bryantdary Arrafif, Nasution (2024) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HARGA DIRI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2440Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2440Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Lingkungan belajar yang baik dapat memengaruhi pencapaian kompetensi mahasiswa, namun faktor-faktor seperti motivasi, dukungan dosen, dan interaksi sosial juga turut berperan. Harga diri adalah evaluasi dari seorang terhadap kualitas atau keberhargaan diri sebagai manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan harga diri mahasiswa kedokteran. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat akhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Data yang diperoleh melalui data primer, yaitu data kuesioner yang diisi langsung oleh responden. Sampel yang digunakan berjumlah 112 sampel. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil: Mayoritas responden memiliki persepsi lingkungan belajar yang memuaskan sebanyak 80 responden (71,4%). Mayoritas responden memiliki tingkat harga diri yang sedang sebanyak 71 responden (63,4%). Terdapat hubungan lingkungan belajar dengan harga diri mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dengan nilai p < 0,001. Simpulan: Terdapat hubungan lingkungan belajar dengan harga diri pada mahasiswa kedokteran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2308835178 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:22
Terakhir diubah: 07 Feb 2024 04:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78643

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir