PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

TIZANI RIVAD, SAEFUNAWAS (2024) PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1417Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa BAB Pembahasan.pdf

Download (1312Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir komputasional terhadap pemecahan masalah peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto, dengan populasi sebesar 273 peserta didik. Pemilihan sampel menggunakan proporsionate stratified random sampling dengan sampel sebesar 73 peserta didik. Pengumpulan data dengan kuisioner. Analisis data mengunakan regresi sederhana,yang sebelumnnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu normalias dan linearitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada peserta didik di kelas IV dan V memiliki kemampuan berpikir komputasional tertinggi di indikator dekomposisi dan Abstraksi, sedangkan indikator pengenalan pola dan berpikir algoritma masih rendah. Pada pemecahan masalah peserta didik memiliki kemampuan tertinggi di memeriksa kembali dan memahami masalah, sedangkan pada melaksanakan perencanaan masalah dan membuat rencana penyelesaian masalah masih rendah. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan keterampilan berpikir komputasional secara simultan tehadap pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci: keterampilan berpikir, berpikir komputasional, pemecahan masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308440112 . Digilib
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:34
Terakhir diubah: 13 Feb 2024 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78809

Available Versions of this Item

  • PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. (deposited 13 Feb 2024 07:34) [Currently Displayed]

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir