PENERAPAN PRINSIP HICK’S LAW PADA WEBSITE JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS LAMPUNG

Trio Akbar, Marlis (2024) PENERAPAN PRINSIP HICK’S LAW PADA WEBSITE JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (21Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Proses pembaruan website Ilmu Komunikasi sendiri menerapkan kaidah dari DKV yakni Law of UX, utamanya pada prinsip Hick’s Law. Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan Hick’s Law pada website Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Lampung. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan website Ilmu Komunikasi ke depannya, dengan tujuan untuk meningkatkan optimalitasnya baik dari segi estetika maupun fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif degan metode studi kasus. Pada penelitian ini sumber berasal dari data primer dan sekunder yang utamanya dari dokumentasi, observasi, dan juga wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini didapati Hick’s Law diterapkan pada layout, header, logo, font, ikon, dan warna, serta pada bagian struktur user experience, dengan dilakukan dengan penyederhanaan atau meminimlakan kompleksitias, pengelompokan, membuat hierarki dan navigasi yang jelas, dan menekankan pada konsistensi. Penerapan ini juga membangun konstruksi pesan yang baik guna memudahkan mengakses website, tanpa meninggalkan poin estetis. Terdapat beberapa kekurangan yang dapat ditingkatkan seperti konsistensi jarak atau spasi pada setiap konten, memperhatikan pemilihan dalam variasi warna seperti penggunaan warna jingga, penggunaan ikon yang lebih diperbanyak, serta variasi desain pada beberapa objek agar tidak terlalu monoton atau kosong. Kata Kunci : Hick’s Law, Website, Desain Komunikasi Visual, User Interface, User Experience The process of enhancing the Communication Sciences website adheres to the principles of Visual Design Communication (VCD), specifically incorporating the Law of User Experience (UX) with a focus on Hick's Law. This research aims to scrutinize the implementation of Hick's Law on the Department of Communication website at the University of Lampung. The objective is to contribute insights that can optimize the website both aesthetically and functionally. The method employed in this research is a qualitative descriptive approach through the case study method. This research's primary and secondary data sources come mainly from documentation, observation, and interviews. The findings reveal the application of Hick's Law in layout, headers, logos, fonts, icons, colors, and the overall user experience structure. This involves simplification, minimizing complexity, grouping, establishing clear hierarchies, navigation improvement, and ensuring consistency. Furthermore, the implementation enhances message construction for seamless website access, while maintaining aesthetic considerations. There are several shortcomings that can be improved, such as inconsistent content spacing, color variations, and the use of icons, and varying the design of several objects to achieve a more engaging and varied design, mitigating monotony and emptiness. Keywords: Hick's Law, Website, Visual Communication Design, User Interface, User Experience

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2308613352 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:29
Terakhir diubah: 15 Feb 2024 01:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78837

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir