PENGARUH UNDANGAN VOLUNTEERING TERHADAP AFEKSI FOLLOWERS (SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN TIKTOK @PANDAWARAGROUP TENTANG GERAKAN SUKARELA PEMBERSIHAN PANTAI TELUK BANDAR LAMPUNG)

VANESA TABITA, POLII (2024) PENGARUH UNDANGAN VOLUNTEERING TERHADAP AFEKSI FOLLOWERS (SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN TIKTOK @PANDAWARAGROUP TENTANG GERAKAN SUKARELA PEMBERSIHAN PANTAI TELUK BANDAR LAMPUNG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (277Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3989Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3505Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

TikTok ialah media sosial yang populer di kalangan masyarakat Indonesia dan dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif bukan hanya sebagai media hiburan tetapi menjadi platform perubahan,salah satunya ialah @pandawaragroup. Melalui konten TikTok Pandawara membuka undangan volunteering bagi masyarakat Lampung untuk ikut berpartisipasi dalam pembersihan Pantai Sukaraja, Teluk Betung, Bandar Lampung, hal itu menuai perhatian pengguna media. Besarnya pengikut akun @pandawaragroup serta jumlah viewers dan like pada akun TikTok @pandawaragroup mengindikasikan adanya pengaruh efek media dari konten tersebut terhadap afeksi followers. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh undangan volunteering terhadap afeksi followers. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei kepada 100 responden yang merupakan pengikut dari akun TikTok @pandawaragroup secara acak. Hasil Penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif yang signifikan dari undangan volunteering pada akun TikTok @pandawaragroup terhadap afeksi followers yang dibuktikan dengan thitung 10.336 > ttabel 1,984, maka Ho ditolak dan Ha diterima, serta nilai pengaruhnya sebesar 52,2% yang didasarkan pada uji koefisien determinasi (R2). TikTok sebagai platform digital mampu mempersuasi dan menyebarkan nilai-nilai positif, terutama terkait isu lingkungan dan kesadaran peduli akan lingkungan kepada audiens. Oleh karena itu, pembuat konten agar dapat terus memberikan dampak positif, serta membentuk kesadaran dan nilai-nilai peduli terhadap lingkungan bagi audiens. Kata Kunci : Afeksi, Persuasi, TikTok, Volunteering TikTok is a popular social media among Indonesians and is used by creative people not only as entertainment media but as a platform for change, one of them is @pandawaragroup. Through the content TikTok Pandawara opened a volunteering invitation for the people of Lampung to participate in the cleaning of Sukaraja Beach, Betung Gulf, Bandar Lampung, it attracted the attention of media users. The size of @pandawaragroup's followers and the number of viewers and likes on TikTok's account indicate the media effect of the content on followers' affections. The purpose of the research is to find out how much influence volunteering invitations have on followers' affection. The method used uses a quantitative approach by conducting a survey of 100 respondents who are followers of the TikTok @pandawaragroup account randomly. The results of the research showed that there was a significant positive impact of the invitation to volunteer on the TikTok @pandawaragroup account on the affection of followers demonstrated with a score of 10,336 > tables 1,984, then Ho was rejected and Ha received, as well as the impact score of 52.2% based on the determination coefficient test. (R2). TikTok as a digital platform is able to persuade and disseminate positive values, especially related to environmental issues and awareness of concern for the environment to the audience. Therefore, content creators can continue to have a positive impact, as well as forming awarenness and values of concern to the environment for audiences. Keywords: Affection, Persuasion, TikTok, Volunteering

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 307 Komunitas
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2308538108 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:52
Terakhir diubah: 15 Feb 2024 08:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78890

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir