PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN ARGUMENTASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH

AMRIL , HAKIM (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN ARGUMENTASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan argumentasi pada pembelajaran fisika berbasis masalah yang valid, reliabel dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 langkah pengembangan (Branch, 2009:2), yaitu: analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi dan bahasa, hasil validasi ahli instrumen penilaian sebesar 89,28% dengan kategori sangat valid sehingga instrumen penilaian layak untuk digunakan. Hasil uji coba lapangan pada 30 peserta didik dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 5.4.1.0. Hasil analisis data uji coba diperoleh 5 butir soal instrumen keterampilan argumentasi dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen penilaian keterampilan argumentasi juga dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach 0,75 dengan kategori reliabilitas bagus. Uji kepraktisan instrumen penilaian keterampilan argumentasi memperoleh rata-rata skor penilaian kepraktisan sebesar 92,38 dan termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Produk akhir instrumen penilaian untuk mengukur keterampilan argumentasi pada pembelajaran fisika yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen, yaitu valid, reliabel dan praktis. Kata kunci: instrumen penilaian, keterampilan argumentasi, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308477584 . Digilib
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:21
Terakhir diubah: 16 Feb 2024 01:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78906

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir