PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

ALVINA , AULIA SYAFITRI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (323Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1682Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1441Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL terhadap kemampuan CPS peserta didik pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 4 Metro. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 297 peserta didik dengan sampel dalam penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih yaitu kelas X 8 sebagai kelas eksperimen dan X 9 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah secara kreatif dikumpulkan menggunakan instrument tes pada saat pretest-posttest kemudian dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test sedangkan data respon peserta didik tentang pembelajaran menggunakan model PBL yang dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata N-gain sebesar 0,64 dengan kriteria “sedang” pada kelas eksperimen dan 0,27 dengan kriteria “rendah” pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test menunjukkan bahwa kemampuan CPS sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari model PBL terhadap kemampuan CPS peserta didik pada materi perubahan lingkungan dengan kemampuan CPS yang paling tinggi adalah fact finding (N-gain 0,83) sedangkan kemampuan paling rendah pada acceptance finding (N-gain 0,51). Berdasarkan perolehan hasil angket respon peserta didik didapatkan hampir semua peserta didik (92,77%) berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat meningkatkan pemahaman materi saat proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan CPS peserta didik. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Creative Problem Solving, Perubahan Lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308746511 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:04
Terakhir diubah: 20 Feb 2024 02:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79071

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir