PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 6 METRO BARAT

KARTIKA , APRIANI (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 6 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1935Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1549Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap penguasaan konsep matematika peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penguasaan konsep matematika peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil belajar matematika peserta didik yang cukup rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 5 SD Negeri 6 Metro Barat, dengan kelas 5C dan 5D sebagai sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest tentang penguasaan konsep matematika kepada peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik ANCOVA yang dibantu dengan software SPSS. Berdasarkan uji hipotesis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap penguasaan konsep matematika peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Barat, dengan nilai partial eta square sebesar 0,305 yang dapat diinterpretasikan dalam effect size kategori besar. Kata kunci: pembelajaran matematika realistik, etnomatematika, penguasaan konsep matematika. This research aims to empirically examine the effect of ethnomathematics-based realistic mathematics education on students' mastery of mathematical concepts. This research was motivated by the lack of maximum mastery of students' mathematical concepts. This can be seen from the students' math learning outcomes which are quite low. This type of research is a quasi-experimental research (quasi experiment) with a non-equivalent control group design. The population of this study was all 5th grade students of SD Negeri 6 Metro Barat, with classes 5C and 5D as samples in the research. Data collection was carried out by giving pretests and posttests on mastery of mathematical concepts to students in experimental and control classes. Data analysis in this research used ANCOVA technique assisted by SPSS software. Based on hypothesis test, the research showed that there was a significant effect on the application of ethnomathematics-based realistic mathematics education on the mastery of mathematical concepts of fifth grade students of SD Negeri 6 Metro Barat, with a partial eta square value of 0.305 which can be interpreted in the large category effect size. Keywords: realistic mathematics education, ethnomathematics, mastery of mathematical concepts.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308704152 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:03
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79169

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir