HUBUNGAN ANTARA ASPEK MORAL DENGAN KARAKTER PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 NATAR

Anggie , Mutia Sari (2024) HUBUNGAN ANTARA ASPEK MORAL DENGAN KARAKTER PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 NATAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3091Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2810Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Percaya diri sangat penting dalam pembentukan individu, terutama dalam pendidikan. Meskipun konsep pendidikan karakter yang mengajarkan kepercayaan diri penting, namun nyatanya masih banyak remaja yang mengalami kesulitan mengembangkan kepercayaan diri tinggi. Pada dasarnya perkembangan karakter percaya diri pada peserta didik berkaitan erat dengan pembentukan nilai-nilai positif yang di tawarkan Thomas Lickona pada pendekatan pendidikan karakter. Ketika peserta didik memahami dan menerima nilai-nilai tersebut, mereka akan lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan sehari-hari dengan integritas dan keyakinan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui apakah ada hubungan antara aspek moral Thomas Lickona dengan karakter percaya diri peserta didik di SMP Negeri 1 Natar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP Negeri 1 Natar yang berjumlah 107 peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan data dinyatakan bahwa aspek moral yang diajarkan Thomas lickona memiliki hubungan dengan karakter percaya diri peserta didik, dengan derajat hubungan sebesar 0,507. Dengan demikian bahwa ada hubungan yang cukup dan signifikan antara Aspek moral dengan Karakter Percaya diri peserta didik, dengan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai moral yang diajarkan oleh Thomas Lickona, kepercayaan diri peserta didik dapat ditingkatkan. Kata kunci : Karakter, Moral, Moral Thomas Lickona, Pendidkan Moral, Percaya Diri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2308429329 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:48
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 03:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79195

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir