EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID

AGNES , REGINA TURNIP (2023) EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1802Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (999Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model POGIL untuk meningkatkan keterampilan menganalisis peserta didik pada materi sistem koloid. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretestposttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 peserta didik dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-gain keterampilan menganalisis peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0,70 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,55. Hasil pengujian hipotesis perbedaan dua rata-rata (uji t) menunjukkan rata-rata n-gain dengan perbedaan yang signifikan antara keterampilan menganalisis peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, rata-rata n-gain kelas eksperimen berkriteria tinggi dan kelas kontrol berkriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa model POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan menganalisis peserta didik pada materi sistem koloid. Kata Kunci: efektivitas, model POGIL, keterampilan menganalisis, sistem koloid This study aims to describe the effectiveness of the POGIL model to improve students analyzing skills on colloid system material. This study used quasi experimental method with the pretest-postest control group design. The population in this study were all students of class XI IPA at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. The sample in this study was class XI IPA 1 as the control class totaling 35 students and class XI IPA 3 as the experimental class totaling 35 students. Sampling in this study using purposive sampling technique. The data analysis technique used is the two average similarity test, and the n-gain two average difference test. The result showed that the n-gain average value of students analyzing skills in the experimental class was 0,70 while in the control class was 0,55. The result of testing the hypothesis of he difference between two average (t test) showed that the average n-gain of students analyzing skills in the experimental class and the control class was significant. Apart from that, the average n-gain for the experimental class has high criteria and the control class has medium criteria. This shows that the POGIL model is effective to improve students analyzing skills on colloid system material. Keywords: effectiveness, POGIL model, analyzing skills, colloid system

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308605345 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:02
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 06:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79208

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir