FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERSEPSI DAN MINAT BERKARIER SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK (Survei pada Mahasiswa Sarjana dan Magister Jurusan Akuntansi di PTN se-Sumatera tahun 2023)

DIAJENG FITRI, WULAN (2024) FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERSEPSI DAN MINAT BERKARIER SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK (Survei pada Mahasiswa Sarjana dan Magister Jurusan Akuntansi di PTN se-Sumatera tahun 2023). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3844Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3544Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Krisis minat mahasiswa akuntansi dalam memilih karier sebagai akuntan publik telah menjadi isu global pada saat ini, bahkan kondisi ini telah menciptakan istilah baru dalam kalangan profesi akuntan; yaitu CPA Shortage. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi persepsi dan minat mahasiswa akuntansi terhadap profesi tersebut, dengan menggunakan kerangka teori planned behavior dan teori social cognitive career. Melalui pendekatan survei kuantitatif dan penggunaan instrumen kuesioner yang disebarkan secara daring melalui media sosial, penelitian ini mengambil sampel melalui metode non-probability sampling dengan kriteria tertentu. Melalui proses analisis data dengan metode SEM, ditemukan bahwa sikap (motivasi, prestise, finansial), norma subjektif (orang tua, teman, dan dosen), serta kontrol perilaku (risiko dan hambatan), memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi terhadap profesi akuntan. Selain itu, sikap dan norma subjektif juga secara signifikan memengaruhi minat mahasiswa dalam memilih karier sebagai akuntan publik. Kontribusi dari penelitian ini adalah peneliti menemukan adanya peran mediasi dari persepsi dalam memediasi hubungan antara sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, dan minat menjadi akuntan publik. Dorongan dan dukungan dari perguruan tinggi serta organisasi profesi tetap menjadi poin penting bagi mahasiswa yang berminat menjadi akuntan publik. Selain itu, diperlukan penyediaan informasi dan motivasi dari perguruan tinggi, serta berbagai program bantuan dari organisasi profesi. Keterbatasan penelitian ini adalah peneliti belum dapat mendalami aspek psikologis pemilihan karir pada mahasiswa secara lebih mendalam. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan geografis dan pendidikan, serta memanfaatkan pendekatan kualitatif guna memahami faktor-faktor psikologis yang memengaruhi pemilihan karir dengan lebih baik.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Akuntansi S2
Pengguna Deposit: 2308643600 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:10
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 06:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79209

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir