PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM PENGARUH KONSENTRASI FeCl3 TERHADAP BESARAN-BESARAN FISIS PADA BATERAI SEKUNDER GUNA MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS

Rizqi , Marya Ulfah (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM PENGARUH KONSENTRASI FeCl3 TERHADAP BESARAN-BESARAN FISIS PADA BATERAI SEKUNDER GUNA MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2480Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1724Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Panduan Praktikum Pengaruh Konsentrasi FeCl3 terhadap Besaran-Besaran Fisis pada Baterai Sekunder Guna Menstimulus Keterampilan Proses Sains yang valid, praktis dan efektif pada materi arus listrik searah. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Research (DDR) yang diadaptasi dari Richey & Klien (2007) dengan menggunakan uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan dan uji persepsi guru, serta uji keefektifan yang terdiri dari, N-Gain, Normalitas, Homogenitas, Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Pada hasil uji validitas didapatkan rata-rata nilai dari ketiga validator sebesar 3,55, dengan ratarata validasi materi dan desain diperoleh hasil sebesar 3,57 dengan kategori sangat valid dan validasi materi dan konstruk sebesar 3,53 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh hasil rata-rata uji respon peserta didik sebesar 82% dan hasil rata-rata uji persepsi guru sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk uji keefektifan dapat dilihat pada hasil uji efektifitas, telah dihasilkan Panduan Praktikum berbasis aktivitas Inquiry-based Learning untuk menstimulasi keterampilan proses sains yang valid, praktis dan efektif yang dilihat berdasarkan peningkatan keterampilan proses sains yang signifikan dilihat dari beda rata-rata kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang signifikan dan hasil uji N-Gain dengan perolehan skor sebesar 0,57 dengan kategori sedang. Kata Kunci : Panduan Praktikum, Keterampilan Proses Sains, Inquiry-based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308733896 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:21
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79215

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir