EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI

PIRANI, (2023) EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1426Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1116Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 15 Bandar Lampung, dengan populasi penelitian siswa kelas XI MIPA SMAN 15 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan LKPD berbasis pendekatan saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga keputusan uji terima H1 yang berarti rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci : pendekatan saintifik, keterampilan proses sains, laju reaksi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308752942 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:54
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79226

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir