PIRANI, (2023) EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1426Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1116Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 15 Bandar Lampung, dengan populasi penelitian siswa kelas XI MIPA SMAN 15 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan LKPD berbasis pendekatan saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga keputusan uji terima H1 yang berarti rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci : pendekatan saintifik, keterampilan proses sains, laju reaksi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308752942 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:54 |
Terakhir diubah: | 21 Feb 2024 07:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79226 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |