EFEKTIVITAS LKPD PROBLEM BASED-LEARNING BERBASIS ETNOSAINS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Isnaini , Alwiyah (2023) EFEKTIVITAS LKPD PROBLEM BASED-LEARNING BERBASIS ETNOSAINS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1848Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1515Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas lembar kerja peserta didik (LKPD) problem based-learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, didapatkan sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan desaign pretest-posttest control group. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan rata-rata nilai n-Gain KPS siswa yang pembelajarannya menggunakan LKPD PBL berbasis etnosains lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai n-Gain KPS siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa LKPD PBL berbasis etnosains efektif untuk meningkatkan KPS siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci : LKPD Problem Based Learning berbasis etnosains, Keterampilan Proses Sains, larutan elektrolit dan non elektrolit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308422037 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:00
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 08:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79227

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir