PENGARUH VARIASI TEMPERATUR TABUNG REAKTOR PADA TOREFAKSI TONGKOL JAGUNG MENGGUNAKAN REAKTOR TOREFAKSI TIPE TUBULAR SISTEM OIL JACKET

Prengki, Prengki (2024) PENGARUH VARIASI TEMPERATUR TABUNG REAKTOR PADA TOREFAKSI TONGKOL JAGUNG MENGGUNAKAN REAKTOR TOREFAKSI TIPE TUBULAR SISTEM OIL JACKET. FAKULTAS TEKNIK, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (284Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2168Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1650Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Potensi biomassa limbah tongkol jagung sangat melimpah, salah satunya sebagai bahan bakar padat. Pembuatan bahan bakar padat dari limbah tongkol jagung dilakukan dengan proses karbonisasi yang disebut dengan torefaksi. Torefaksi menggunakan reaktor kontinu tipe tubular dengan pemanas LPG. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik bahan bakar produk torefaksi dari sampel biomassa tongkol jagung yang berfokus pada nilai kalor, analisis proksimat, analisis ultimat, mass yield dan energy yield, serta mengetahui temperatur terbaik yang dapat menghasilkan nilai kalor tinggi pada torefaksi tongkol jagung. Penelitian ini menggunakan biomassa tongkol jagung berbentuk silinder dengan tinggi 2 cm yang dilakukan pada temperatur 250 °C, 275 °C dan 300 °C dengan waktu tinggal selama 30 menit. Analisis yang dilakukan meliputi produk mentah dan produk torefaksi tongkol jagung, meliputi analisis proksimat, ultimat dan nilai kalor. Torefaksi limbah tongkol jagung menghasilkan nilai kalor tongkol jagung tertinggi pada temperatur 300 °C, yaitu sebesar 7155 kal/g dengan peningkatan sebesar 39,5% dari nilai kalor tongkol jagung mentah. Sementara itu, energy yield menunjukkan hasil yang lebih besar dibandingkan dengan mass yield, hal ini mengartikan bahwa penambahan energi dalam produk torefaksi lebih besar dibandingkan pengurangan massa produk torefaksi. Temperatur operasi yang lebih tinggi mempengaruhi penurunan persentase kandungan air dan volatil, serta peningkatan persentase abu dan karbon tetap. Torefaksi dapat meningkatkan karakteristik limbah tongkol jagung sebagai bahan bakar mendekati batubara, terbukti dengan menurunnya perbandingan rasio atom O/C dan H/C. Kata Kunci : Biomassa, Torefaksi, Tongkol Jagung, Nilai Kalor, Reaktor Kontinu Tipe Tubular.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: 2308260585 . Digilib
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:27
Terakhir diubah: 22 Feb 2024 08:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79260

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir