HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS FLAMBOYAN DI KECAMATAN ADILUWIH

RAHMA , NUR AULIA (2024) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS FLAMBOYAN DI KECAMATAN ADILUWIH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (313Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2065Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1903Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Flamboyan di Kecamatan Adiluwih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar peserta didik dengan hasil belajar peserta didik, kompetensi pedagogik pendidik dengan hasil belajar peserta didik, serta disiplin belajar dan kompetensi pedagogik pendidik dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel bebas pada penelitian ini adalah disiplin belajar dan kompetensi pedagogik pendidik. Populasi berjumlah 101 orang peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling yaitu dengan perolehan sampel 50 orang peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan angket (kuesioner) dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar peserta didik dan kompetensi pedagogic pendidik dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri se-gugus Flamboyan Kecamatan Adiluwih ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,680 berada pada taraf “Kuat”. Kata kunci : disiplin belajar, kompetensi pedagogik pendidik, hasil belajar matematika.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308187269 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 01:54
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 01:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79304

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir