PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR

PAJAR , IRAWAN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2774Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2348Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 6 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 66 dan sampel yang digunakan yaitu 22 peserta didik kelas V A dan 22 peserta didik kelas V B, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V A di SD Negeri 6 Metro Barat yang ditunjukkan dengan perolehan nilai thitung (8,781) > ttabel (2,021). Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran PBL, audio visual The problem in this research is the low learning outcomes of class V students at SD Negeri 6 Metro Barat. This research aims to analyze the effect of implementing the Problem Based Learning learning model assisted by audiovisual media on students' IPAS learning outcomes. Data collection techniques use tests. The method in this research is quasi experimental design with a Nonequivalent Control Group Design research design. The population was 66 and the sample used was 22 class V A students and 22 class V B students. The sample was determined using a purposive sampling technique. Data were analyzed using the t test. The results of this research show a significant influence from the application of the Problem Based Learning learning model assisted by audio-visual media on the science and science learning outcomes of class V A students at SD Negeri 6 Metro Barat as indicated by the value of tcount (8.781) > t-table (2.021). Keywords: learning outcomes, PBL learning model, audio visual

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308848237 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:23
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 03:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79391

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir