PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR

NIKEN , AYU SAPUTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1794Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1412Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan media powtoon terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 39 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes berupa dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan diperoleh hasil sebesar 8,03 dan N-gain diperoleh hasil sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Kata Kunci : discovery learning, hasil belajar IPAS, media powtoon The problem in this research is the low science learning outcomes of fourth grade elementary school students. This research aims to analyze and describe the influence of the discovery learning model using Powtoon media on the science and science learning outcomes of class IV students at SD Negeri 10 Metro Timur. The method in this research is quasi-experimental with a non-equivalent control group design research design. The population of this study was all class IV students, totaling 39 students. Determining the research sample used a purposive sampling technique, namely taking samples with certain considerations with a total of 39 students. Data collection techniques in this research used tests and nontests in the form of documentation and observation. The data analysis used was a simple linear regression test, the results of the research showed that there was a significant influence and the results obtained were 8.03 and the N-gain results were 0.41 in the medium category. Keywords: discovery learning, IPAS learning outcomes, powtoon media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308764135 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:26
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79398

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir