Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Sarima , Simamora (2024) Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1909Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1894Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar ranah kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK Kristen Permata Asri, Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 anak, kemudian dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 14 anak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Karena data pada penelitian ini kurang dari 25 sampel penelitian, maka penelitian ini menggunakan statistik non parametrik. Analisis uji hipotesis yang digunakan untuk data non parametrik pada penelitian ini yaitu uji wilcoxon signed-rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media augmented reality. Rata-rata hasil belajar sesudah menggunakan media augmented reality adalah sebesar 35 dengan persentase 56% sedangkan untuk rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan media augmented reality adalah sebesar 28 dengan persentase 44%. Dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar setelah menggunakan media augmented reality lebih besar dibanding rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan media augmented reality. Kemudian, hasil uji wilcoxon signed-rank test menunjukkan bahwa nilai Asymp.sig sebesar 0,001 < 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar ranah kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Kata kunci: media augmented reality, hasil belajar, kognitif, anak usia dini

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Pengguna Deposit: 2308580935 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:57
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79419

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir