EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

YULIA , DAMAYANTI (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2346Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2031Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran IPA terpadu tipe Connected untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas VII SMPN 22 Bandar Lampung pada materi pokok energi dalam sistem kehidupan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik random sampling, kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 7 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment), data penelitian didapatkan dengan memberikan pre-test dan post-test untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran IPA terpadu tipe Connected terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi uji independent sample t-test 0,001. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen diuji menggunakan uji normalized-gain dengan hasil 0,429 dan dapat dikategorikan sedang. Dengan demikian, pembelajaran IPA terpadu tipe Connected efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi energi dalam sistem kehidupan di SMPN 22 Bandar Lampung. Kata kunci: Energi dalam sistem kehidupan, hasil belajar kognitif, pembelajaran IPA terpadu tipe Connected

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308573022 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:52
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 03:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79423

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir