HUBUNGAN TAKUT AKAN KEGAGALAN DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Tazkia Vidini, Caya (2024) HUBUNGAN TAKUT AKAN KEGAGALAN DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3727Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1041Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Takut akan kegagalan merupakan motivasi untuk menghindari kegagalan, termasuk kejadian dalam kehidupan akademik. Hal ini berpotensi mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa yang nantinya akan tercermin dalam Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasa takut akan kegagalan dengan indeks prestasi belajar mahasiswa kedokteran Universitas Lampung. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dan teknik stratified random sampling. Sebanyak 185 mahasiswa kedokteran telah mengisi kuesioner Performance Failure Appraisal Inventory yang dibuat oleh Conroy (2001) dan diterjemahkan ke dalam Versi Bahasa Indonesia oleh Martin dan Yunanto (2023) sebagai pengukuran tingkat takut akan kegagalan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata takut akan kegagalan secara keseluruhan adalah 3,2293. Rata-rata indeks prestasi mahasiswa secara keseluruhan adalah 3,25. Terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat takut mahasiswa laki-laki dan perempuan dalam mengalami rasa malu dan pengalaman memalukan, ketakutan akan merendahkan harga diri, dan ketakutan akan masa depan yang tidak pasti. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan mengenai ketakutan akan kegagalan baik di antara ketiga kelompok tingkat akademik maupun di antara keempat kelompok tingkat predikat indeks prestasi. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara rasa takut akan kegagalan dengan indeks prestasi belajar mahasiswa kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: indeks prestasi, mahasiswa kedokteran, pendidikan kedokteran, takut akan kegagalan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2308046288 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:30
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 06:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79460

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir