EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

FADILA , OKTA VIO (2023) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2828Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1218Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan KPS pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 07 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching-Only Pretests-Postest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain KPS untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,74 dan 0, 46. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain KPS yang signifikan antara kelas eksperimen yang diterapkan model discovery learning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan model discovery learning efektif dalam meningkatkan KPS peserta didik pada materi larutan penyangga. Kata kunci : model discovery learning, larutan penyangga, keterampilan proses sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308205924 . Digilib
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:33
Terakhir diubah: 26 Feb 2024 01:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79521

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir