EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HOTs PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

SITI , KHUMAIROH (2023) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HOTs PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1591Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (559Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan HOTs pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Desain dalam penelitian ini menggunakan the matching-only pretest and posttest control group desain. Analisis data dalam penelitian ini berupa nilai pretes dan postes HOTs peserta didik, rata-rata n-gain, pengujian hipotesis menggunakan uji prasyarat, uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretes kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan kriteria n-gain berkategori sedang pada kelas eksprimen dan kelas kontrol memiliki kriteria n-gain berkategori rendah. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning pada materi larutan penyangga efektif dalam meningkatkan HOTs. Kata kunci : discovery learning, HOTs, larutan penyangga

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308104770 . Digilib
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:52
Terakhir diubah: 26 Feb 2024 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79524

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir