STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

JAYA , SAPUTRA (2024) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1367Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1166Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahya hasil belajar dan aktivitas belajar serta kurangnya penerapan model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian yaitu untuk meneliti ada/tidak perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan model problem based leraning dan model project based leraning, ada/tidak perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang aktivitas belajarnya tinggi dengan siswa yang aktivitas belajarya rendah, efektivitas antara model problem based learning dengan project based learning pada hasil belajar ekonomi siswa aktivitas belajar tinggi dan rendah, serta ada/tidak interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Metode penelitian ini yaitu quasi experiment pendekatan komparatif dengan desain factorial 2x2, teknik sampling yaitu dengan purposive sampling berjumlah 67 sampel, taknik pengumpulan datanya wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil penelitian diantaranya tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model problem based learning dengan model project based learning, ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang aktivitas belajarnya tinggi dan rendah, rata-rata hasil belajar ekonomi siswa aktivitas belajar tinggi menggunakan model project based learning lebih tinggi daripada model problem based learning, rata-rata hasil belajar ekonomi siswa aktivitas belajar rendah menggunakan model problem based learning lebih tinggi daripada model project based learning, dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci : Problem Based Leraning (PBL), Project Based Learning (PjBL), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Ekonomi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2308643586 . Digilib
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:53
Terakhir diubah: 18 Mar 2024 04:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79673

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir