FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETAATAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR: FOKUS PADA THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (STUDI DI SAMSAT PESAWARAN TAHUN 2021)

INTANNIA , LESTARI (2024) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETAATAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR: FOKUS PADA THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (STUDI DI SAMSAT PESAWARAN TAHUN 2021). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1995Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1652Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kepatuhan pajak dengan menggunakan theory of planned behavior terhadap pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Pesawaran. Selanjutnya, ada beberapa faktor yang diduga dapat mempengaruhi perilaku kepatuhan pajak yaitu sikap wajib pajak, kepercayaan pada pemerintah, dan informasi pajak. Populasi pada penelitian adalah wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Pesawan yang dilakukan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sebesar 343 responden. Kemudian, pengolahan data dilakukan dengan analisis structural equation modeling menggunakan aplikasi LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa niat kepatuhan pajak lebih besar dipengaruhi oleh kepercayaan pada pemerintah dibandingkan informasi pajak dan sikap wajib pajak. Perilaku kepatuhan pajak lebih besar dipengaruhi oleh niat kepatuhan pajak dibandingkan dengan informasi pajak. Hal ini menunjukkan motivasi wajib pajak dalam keinginannya untuk membayar pajak akan meningkatkan kepatuhan pajak. Lebih lanjut, kebijakan pemutihan pajak memperkuat hubungan antara sikap wajib pajak terhadap niat kepatuhan pajak, kepercayaan pada pemerintah terhadap niat kepatuhan pajak, dan informasi pajak terhadap niat kepatuhan pajak. Kebijakan pemutihan pajak merupakan bagian promosi dalam pemasaran yang diadopsi pada penelitian ini untuk menjelaskan tentang peran pemutihan pajak yang dapat meningkatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor oleh wajib pajak. Kata kunci : sikap, kepercayaan, informasi pajak, niat perilaku, perilaku, promosi The results of this study aim to determine tax compliance behavior using the theory of planned behavior towards motor vehicle taxes in the Pesawaran Regency. Furthermore, several factors are thought to influence tax compliance behavior, namely, taxpayer attitudes, trust in government, and tax information. The population in the study was motor vehicle taxpayers in Pesawaran Regency, who were sampled using the purposive sampling technique of 343 respondents. Subsequently, data processing was performed by structural equation modeling analysis using the LISREL application. The results showed that tax compliance intentions were more influenced by trust in the government than by tax information and taxpayer attitudes. Tax compliance behavior is influenced more by tax compliance intentions than by tax information. This shows that taxpayers’ motivation to pay taxes increases their tax compliance. Furthermore, the tax bleaching policy strengthens the relationship between taxpayer attitudes towards tax compliance intentions, trust in the government towards tax compliance intentions, and tax information towards tax compliance intentions. The tax bleaching policy is a promotional part of marketing adopted in this study to explain the role of tax bleaching, which can increase taxpayers’ tax payments. Keywords: attitude, trust, tax information, behavioral intention, behavior, promotion

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Pengguna Deposit: 2308044752 . Digilib
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:30
Terakhir diubah: 19 Mar 2024 01:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79690

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir