PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI UPTD SD N SUMUR KUCING

Ni Luh , Putu Suciari (2024) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI UPTD SD N SUMUR KUCING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1849Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1715Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di UPTD SD N Sumur Kucing. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment design) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non-probability sampling dengan jumlah populasi dan sampel 67 orang peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes. Data dianalisis menggunakan uji regresi sederhana yang menunjukkan hasil perhitungan pada uji hipotesis memperoleh Fhitung = 97,94 ≥ Ftabel = 4,16, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian pada uji hipotesis ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada metode bermain peran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di UPTD SD N Sumur Kucing. Kata Kunci: bahasa Indonesia, kemampuan berpikir kritis, metode bermain peran. The problem of this research is the critical thinking abilities of fifth-grade students in Indonesian language subjects. This research aims to determine the effect of the role-play method on the critical thinking abilities of class V Indonesian students at UPTD SD N Sumur Kucing. The method used is quasi- experimental with a nonequivalent control group design. This research used a non-probability sampling technique with a population and sample of 67 students. Data collection techniques use test techniques. Data were analyzed using a simple regression test which showed that the calculation results in hypothesis testing obtained Fcount = 97.94 ≥ Ftable = 4.16 so Ho was rejected and Ha was accepted. The results of the research in testing this hypothesis are that there is a significant influence of the role-play method on the critical thinking abilities of class V Indonesian language subjects at UPTD SD N Sumur Kucing. Keywords: critical thinking ability, Indonesian language, role-playing method.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308539181 . Digilib
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:47
Terakhir diubah: 26 Mar 2024 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79787

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir