EVALUASI KESESUAIAN LAHAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF TANAMAN PADI TADAH HUJAN (Oryza sativa L.) PADA LAHAN KELMPOK TANI KARYA SUBUR DI DESA PESAWARAN INDAH KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN

Zainal, IDA RIZKAYANTI (2013) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF TANAMAN PADI TADAH HUJAN (Oryza sativa L.) PADA LAHAN KELMPOK TANI KARYA SUBUR DI DESA PESAWARAN INDAH KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (221Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (194Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (286Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (199Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (246Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PUSTAKA ACUAN.pdf - Published Version

Download (186Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1479Kb)

Abstrak

Beras merupakan bahan pangan yang dikonsumsi hampir seluruh penduduk Indonesia. Kebutuhan akan beras terus meningkat seiring dengan meningkatnya populasi penduduk, namun fakta sebaliknya adalah laju konversi lahan dari lahan pertanian ke non pertanian terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan produksi dapat dilakukan dengan cara intensifikasi maupun ekstensifikasi. Evalusasi lahan mutlak diperlukan sebagai landasan untuk melakukan tindakan intensifikasi dengan tepat. Evaluasi lahan merupakan suatu proses dalam menduga kelas kesesuaian lahan dan potensi lahan untuk penggunaan tertentu. Hasil evaluasi lahan akan memberikan informasi atau arahan penggunaan lahan sesuai dengan tujuan dan keperluan terhadap lahan tersebut, yang merupakan dasar bagi pengambil keputusan untuk menetapkan penggunaan lahan dan pengelolaan lahan yang diperlukan. Oleh karena itu, evalluasi lahan mencakup pertimbangan sosial, ekonomi dan faktor lingkungan. Untuk mendapatkan data sebagai dasar intersifikasi sawah tadah hujan maka dilakukan penelitian evaluasi lahan di Desa Pesawaran Indah Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Evaluasi kesesuaian lahan dilakukan menggunakan kriteria biofisik menurut Djaenuddin dkk (2000), sedangkan penilaian secara ekonomi adalah dengan menganalisa kelayakan finansial budidaya tanaman padi sawah yang dilakukan dengan menghitung nilai NPV, Net B/C Ratio, dan IRR. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian lahan kualitatif dan kuantitatif dengan cara menghitung tingkat kelayakan finansial pada pertanaman padi sawah tadah hujan (Oryza sativa L.) Kelompok Tani Karya Subur di Desa Pesawaran Indah Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dan pendekatan evaluasi lahan secara paralel, yaitu melakukan analisis fisik lingkungan dan analisis ekonomi secara paralel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa lahan penelitian milik Kelompok Tani Karya Subur di Desa Pesawaran Indah Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran memiliki kelas kesesuaian lahan cukup sesuai dengan faktor pembatas curah hujan dan C organik (S2 wanr). Secara finansial, usaha budidaya tanaman padi sawah tadah hujan Kelompok Tani Karya Subur di Desa Pesawaran Indah Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran menguntungkan dan layak untuk dikembangkan. Hal ini dibuktikan dari hasil hitungan yang menunjukkan bahwa nilai NPV Rp 26.624.204,- Net B/C 2,43 dan IRR 30,85 % yang nilainya lebih besar dari suku bunga yang digunakan yaitu 15 % tahun -1 . Kata kunci : Evaluasi kesesuaian lahan, kelayakan usaha sawah tadah hujan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > Q Science (General)
Pertanian > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknolgi
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 04 Feb 2014 08:02
Last Modified: 04 Feb 2014 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item