INTERAKSI SOSIAL TOKOH DALAM CERPEN PILIHAN KOMPAS 2021 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SILVINA , AULIA SAHRANI (2024) INTERAKSI SOSIAL TOKOH DALAM CERPEN PILIHAN KOMPAS 2021 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1459Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1361Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sebagai mahkluk sosial, manusia umum melakukan interaksi sosial baik secara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Hal itu juga acap kali menjadi ide pengarang yang dimunculkannya dalam sebuah karya sastra, seperti dalam Cerpen Pilihan Kompas 2021. Untuk mengetahui bentuk interaks i sosial tokoh dalam cerpen tersebut maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial tokoh dalam Cerpen Pilihan Kompas 2021 dan untuk mengetahui implikasi penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kata-kata, kalimat, kitipan-kutipan atau penggalan dialog yang membangun cerpen dan interaksi sosial berupa proses sosial asosiatif dan disosiatif yang digambarkan oleh tokoh-tokoh dalam Cerpen Pilihan Kompas 2021. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas lima cerpen, yakni cerpen berjudul Aku Ngenteni Tekamu karya Martin Aleida, Akhirnya Kita Semua Menjadi Maling karya Zaidinoor, Cakar Dubuk Tutul karya Naning Scheid, Keluarga Kudus karya Sunlie Thomas Alexander, dan Masakan Ibu dan Bumbu-bumbu di Halaman Rumah karya Rizqi Turama. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik baca, teknik riset kepustakaan, dan teknik pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan 50 data interaksi sosial yang didominasi oleh interaksi asosiatif berpa kerja sama antara individu dengan individu dan implikasi dari hasil penelitian ini berbentuk penyusunan Modul Ajar. Kata kunci: Asosiatif, Cerpen, Disosiatif, Disosiatif, As social creatures, humans very commonly engage in social interactions either individually with individuals, individuals with groups or groups with groups. This is also of ten the author's idea that he brings up in a literary work, as is the case in the 2021 Kompas Selected Short Stories. To find out the form of social interaction of the characters in the short story, f urther research is needed. The research aims to describe the social interactions of the characters in the 2021 Kompas Selected Short Stories and to f ind out the implications of the research for Indonesian language learning in high school. The research design used is descriptive qualitative. The data for this research are words, sentences, quotes or pieces of dialogue that build short stories and social interactions in the form of associative and dissociative social processes depicted by the characters in the 2021 Kompas Selected Short Stories. The data sources in this research consist of f ive selected short stories. Kompas 2021, namely the short story entitled Aku Ngenteni Tekamu by Martin Aleida, Finally We All Became Thieves by Zaidinoor, Cakar Dubuk Tutul by Naning Scheid, The Holy Family by Sunlie Thomas Alexander, and Mother's Cooking and Spices in the Yard by Rizqi Turama. This research uses data collection techniques in the form of reading techniques, library research techniques, and recording techniques. The results of this research show that 50 social interaction data were found which were dominated by forms of interaction, namely collaboration carried out between individuals and the implications of the results of this research were in the f orm of preparing Teaching Modules. Keywords: Associative, Dissociative, Social Interaction, Short Stories.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308841638 . Digilib
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:01
Terakhir diubah: 27 Mar 2024 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79813

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir