PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 METRO PUSAT

Elysia, Vitaloka (2024) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 METRO PUSAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (594Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3111Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3052Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas III SD Negeri 1 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan media papan perkalian pintar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan jenis teknik purposive sampling dan populasi sebanyak 117 peserta didik dengan sampel 59 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda dan non tes berupa observasi. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan memperoleh Fhitung = 25,74 ≥ Ftabel = 4,21 maka Ha diterima. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan media papan perkalian pintar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III SD Negeri 1 Metro Pusat. Melalui pendekatan matematika realistik berbantuan papan perkalian pintar peserta didik belajar dengan mengaitkan materi matematika dengan kehidupan nyata, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: hasil belajar, papan perkalian pintar, pendekatan matematika realistik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308950702 . Digilib
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:22
Terakhir diubah: 27 Mar 2024 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79824

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir