PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP CIVIC SKILL PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 14 BANDARLAMPUNG

REDO, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP CIVIC SKILL PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 14 BANDARLAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1770Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1481Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran yang terfokus pada teori dan kurang interaktif dapat menghambat pengembangan keterampilan kewarganegaraan peserta didik. Diperlukan pendekatan inovatif, seperti model pembelajaran project citizen, untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik, mengembangkan civic skill, dan memahami isu kewarganegaraan dalam konteks nyata. Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Civic Skill Peserta Didik Kelas XI SMAN 14 Bandarlmpung. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMAN 14 Bandarlampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 responden yang terdiri dari 34 responden kelas eksperimen dan 34 responden kelas kontrol. Teknik perhitungan data menggunakan bantuan microsoft excel dan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil perhitungan uji Independent Sample T-test pada penelitian ini ditemukan perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran project citizen menunjukkan efisiensi yang cukup tinggi, N-Gain Score keterampilan intelektual sebesar 59,82%, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model diskusi hanya mencapai 40,40%. Mengenai keterampilan partisipasi, hasil observasi menunjukkan peserta didik aktif di kelas eksperimen sebesar 81,9% dengan kategori sangat aktif, sedangkan di kelas kontrol sebesar 70,35% termasuk kategori aktif. Analisis perbedaan rata-rata skor tes essay dan skor observasi antara kedua kelas juga menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kesimpulannya dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran project citizen memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan keterampilan kewarganegaraan siswa kelas XI SMAN 14 Bandarlampung dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran project citizen. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Citizen, Civic Skill, Eksperimen, Kontrol

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2308466681 . Digilib
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:54
Terakhir diubah: 27 Mar 2024 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79845

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir