PENGARUH KETERAMPILAN PENDIDIK MENGELOLA KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI

DINI, ARISKA PUTRI (2024) PENGARUH KETERAMPILAN PENDIDIK MENGELOLA KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2019Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1833Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya efektivitas belajar peserta didik karena kesenjangan perilaku peserta didik yang terlihat pada saat pembelajaran berlangsung seperti kurang memperhatikan pembelajaran dan cenderung kurang kondusif pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Perumnas Way Halim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan pendidik mengelola kelas terhadap efektivitas belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik berjumlah 91 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket (kuesioner), dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas terhadap efektivitas belajar peserta didik. Keterampilan pendidik dalam mengelola kelas yang tinggi akan berdampak terhadap meningkatnya efektivitas belajar peserta didik dalam proses belajar dan pembelajaran. Kata kunci: efektivitas belajar, keterampilan mengelola kelas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308133094 . Digilib
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:41
Terakhir diubah: 28 Mar 2024 03:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79846

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir