PENGARUH PENGGUNAAN METODE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN INFERENSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Diva, Syafira Rahmadani (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN INFERENSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1238Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1114Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan inferensi peserta didik kelas V serta kurangnya penerapan metode pembelajaran terkini di SD Negeri 1 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan inferensi dalam pembelajaran IPS peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui oservasi, tes dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, sedangkan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas VA dan VB. Sampel ditentukan dengan teknik sampling non probability sampling. Hasil penelitian ini adalah pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan inferensi peserta didik kelas V dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Metro Barat. Kata Kunci : kemampuan inferensi, reciprocal teaching

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308693152 . Digilib
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:41
Terakhir diubah: 28 Mar 2024 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79855

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir