PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI

RAFIQ , NUR FADILLAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V karena pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment design) dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control gruop design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Margajaya dengan jumlah 49 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil Fhitung ≥ Ftabel (43,70 ≥ 4,28), jadi dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Margajaya. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, problem based learning The problem of this study is the low critical thinking skills of fifth grade students because educators have not used a varied learning model. This study aims to describe and analyze the effect of problem-based learning model on critical thinking skills in IPAS learning. This research method is a quasi experiment design with a research design that is non-equivalent control group design. The study population was all fifth grade students of SD Negeri 1 Margajaya with a total of 49 students. Determination of the research sample using saturated sampling technique, which is a sampling technique if all members of the population are used as samples. Data collection techniques using tests, observation sheets and documentation. Hypothesis testing using simple linear regression with the results of Fhitung ≥ Ftabel (43.70 ≥ 4.28), so it can be concluded that there is an effect of the problem-based learning model on critical thinking skills in IPAS learning for grade V students at SD Negeri 1 Margajaya. Keywords : critical thinking skills, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308441757 . Digilib
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:23
Terakhir diubah: 28 Mar 2024 07:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79863

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir