SENTIMEN PENGGUNA SOSIAL MEDIA YOUTUBE TERHADAP PENCALONAN PRESIDEN GANJAR PRANOWO DAN PRABOWO SUBIANTO PADA PEMILU 2024

Faried, Duta Pratama (2024) SENTIMEN PENGGUNA SOSIAL MEDIA YOUTUBE TERHADAP PENCALONAN PRESIDEN GANJAR PRANOWO DAN PRABOWO SUBIANTO PADA PEMILU 2024. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

This is the latest version of this item.

[img] File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (250Kb)
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img] File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3455Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Youtube menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan di Indonesia dengan total 139 juta pengguna. Youtube memberikan fitur kebebasan pengguna untuk berkomentar pada video yang ada dan komentar tersebut antara lain berisi sentimen yang sangat beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan sentimen pengguna sosial media Youtube dalam pencalonan presiden Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto pada pemilihan umum 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix (campuran) dengan mengombinasikan metode kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan dan pengolahan data menggunakan aplikasi Mozdeh untuk memperoleh data tentang sentimen yang ada di Youtube. Penelitian ini menggunakan teori analisis sentimen dari Natasuwarna (2020) yaitu crawling data, pre-processing, feature selection, classification, dan evaluation. Hasil dari penelitian ini adalah sentimen pengguna sosial media Youtube terhadap Ganjar Pranowo cenderung positif dengan skor 2 (lemah) dengan nilai presentase 11,26% dan sentimen negatif dengan skor 2 (lemah) dengan nilai presentase 1,35% dan Prabowo Subianto cenderung positif dengan skor 2 (lemah) dengan nilai persentase 10,18% dan sentimen negatif dengan skor 2 (lemah) dengan nilai persentase 1,44%. Sentimen pengguna sosial Media Youtube berdasarkan gender dari kedua calon presiden tersebut berbeda. Sentimen positif dari Ganjar Pranowo dari gender laki-laki cenderung lebih besar rata-ratanya dibandingkan perempuan dan berbanding terbalik dengan Prabowo Subianto. Tren dari Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Youtube cenderung fluktuatif. Selain itu, para pendukung kedua calon presiden, yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto tetap dengan dukungannya walaupun kedua calon tersebut diterpa oleh berbagai isu. Kata kunci: Sentimen, Youtube, Calon Presiden

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2308507549 . Digilib
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:54
Terakhir diubah: 01 Apr 2024 04:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79878

Available Versions of this Item

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir